Menyajikan informasi tentang agama islam, rekaman MP3, dan video kajian islam.


      Untaian Mutiara      

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.”(HR. Muslim no. 2963) ● Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham” (HR. Ibnu Majah no. 2414) ● "Kebajikan yang paling ringan adalah,dengan menunjukkan raut wajah berseri-seri dan mengucapkan kata-kata yang lemah lembut." (Sayyidina Umar bin Khattab r.a)

Rabu, 29 April 2015

Keutamaan Rajab oleh Ust. Yusuf Suharto (Direktur Aswaja Center PCNU Jombang)

Bulan Rajab adalah bulan ke tujuh dari bulan hijriah (penanggalan Arab dan Islam). Peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW untuk menerima perintah sholat lima waktu diyakini terjadi pada 27 Rajab ini.



Bulan Rajab juga merupakan salah satu bulan haram atau muharram yang artinya bulan yang dimuliakan. Dalam tradisi Islam dikenal ada empat bulan haram, ketiganya secara berurutan adalah : Dzulqa'dah, Dhulhijjah, Muharram, dan satu bulan tersendiri yaitu Rajab

Dinamakan bulan haram karena pada bulan - bulan tersebut orang Islam dilarang mengadakan peperangan. Tentang bulan - bulan ini, Al - Quran menjelaskan :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus. Maka jangalah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyirikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang - orang yang bertakwa."

(QS. At-Taubah: 36)

Keutamaan Rajab oleh Ust. Yusuf Suharto (Direktur Aswaja Center PCNU Jombang) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Aziz

0 komentar:

Posting Komentar