Menyajikan informasi tentang agama islam, rekaman MP3, dan video kajian islam.


      Untaian Mutiara      

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.”(HR. Muslim no. 2963) ● Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham” (HR. Ibnu Majah no. 2414) ● "Kebajikan yang paling ringan adalah,dengan menunjukkan raut wajah berseri-seri dan mengucapkan kata-kata yang lemah lembut." (Sayyidina Umar bin Khattab r.a)

Minggu, 19 April 2015

Marhaban Rajab Syahrullah, Selamat Datang Bulan Rajab 1436 H - 20 April 2015

Marhaban Rajab Syahrullah, Bulan Rajab telah tiba, bulan Rajab 1436 H tepat jatuh pada tanggal 20 April 2015 masehi, semoga dengan kedatangan bulan ini membawa barakah, dan keamanan serta keharmonian dalam kehidupan jasmani dan rohani kita. Rajab adalah salah satu dari 4 bulan haram, yang di muliakan di dalam islam. Rajab berarti keagungan, karena bulan ini diagungkan oleh Allah SWT. Bangsa arab sejak zaman sebelum Islam juga memuliakan bulan Rajab.

Di zaman jahiliyah bulan Rajab ini dikenali dengan Rajab Mudhar. Bulan ini juga dikenali dengan الأَصَبّ yang berarti “curahan”, oleh karena itu bulan ini adalah bulan Allah mencurahkan rahmatNya kepada hambaNya.


Pada bulan Rajab ini kita disunnahkan untuk perbanyak istghfar , karena sesungguhnya Allah setiap saat di bulan Rajab akan membebaskan hambanya dari api neraka. Selain disunahkan perbanyak istigfar dan ibadah, bulan rajab ini kita juga disunahkan untuk berpuasa.

Dalam bulan rajab disunahkan memperbanyak membaca istighfar . Karena bulan rajab adalah ‘syahrul istighfar’ yaitu bulan untuk memperbanyak taubat dan memohon ampun kepada Allah. Para ulama salafunashalih memilih ucapan,


رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ ×70

"Rabbighfirlii warhamnii watub‘alayya” sebanyak 70 kali. Bibaca ba’da shubuh dan ba’da ashar. Jika ba’da ashar tidak sempat maka boleh dibaca ba’da maghrib atau ba’da isya.

Perbanyak doa seperti yang diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang berbunyi,

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Allahummaa baariklanaa fii rajaba wa sya’baana waballighnaa ramadhana”. Barang siapa membaca doa tersebut, insya'Allah akan di berkahi di bulan Rajab dan Sya’ban, dan juga akan disampaikan ke bulan Ramadhan.
Hidupkan malam tanggal 1 bulan Rajab. Sebagaimana hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang intinya barang siapa yang menghidupkan malam tanggal 1 Rajab, maka hatinya tidak akan mati tatkala semua hati telah mati. Dan baginya akan dikucurkan kebaikan dan mendapat ampunan seperti bayi yang baru dilahirkan. Dan juga akan mampu memberi pertolongan kepada orang yang akan dimasukkan kedalam neraka sebanyak 60.000 manusia.







Marhaban Rajab Syahrullah, Selamat Datang Bulan Rajab 1436 H - 20 April 2015 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Aziz

0 komentar:

Posting Komentar