Menyajikan informasi tentang agama islam, rekaman MP3, dan video kajian islam.


      Untaian Mutiara      

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.”(HR. Muslim no. 2963) ● Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham” (HR. Ibnu Majah no. 2414) ● "Kebajikan yang paling ringan adalah,dengan menunjukkan raut wajah berseri-seri dan mengucapkan kata-kata yang lemah lembut." (Sayyidina Umar bin Khattab r.a)

Rabu, 10 Juni 2015

Melihat Orang Shalat Kelebihan Rakaat

Dalam pelaksanaan sholat, ada rukun dan sunnah - sunnah sholat. Bila rukun shalat ada yang ditinggalkan maka sholatnya batal. Bila rukun sholat ada yang ditinggalkan maka sholatnya batal. Sedangkan, bila sunnah sholat ada yang ditinggal, sholatnya tetap sah namun kurang sempurna.



Jumlah rakaat sholat telah ditentukan dalam syariat. Namun, karena kekhilafan, di tengah - tengah shalat kita terkadang lupa jumlah rakaat atau ragu - ragu. Dalam kondisi seperti ini, kita ambil keputusan rakaat yang sedikit. Misalnya ragu - ragu rakaat tiga atau empat, maka ambil yang tiga.

Namun lain halnya jika yang terjadi kita melihat orang lain sedang sholat lalu ia salah dalam jumlah rakaatnya. Kita tidak boleh menegurnya langsung saat yang bersangkutan sedang sholat karena akan mengakibatkan sholatnya batal. Setelah sholatnya selesai, kita sampaikan secara bijaksana, kalau rakaatnya kurang lalu diminta menambah satu rakaat lagi. Demikian juga kalai kita yakini orang tersebut sholatnya batal karena hal lain. Misalnya di bajunya tampak ada najis, atau auratnya terlihat, maka kita ingatkan juga agar yang bersangkutan mengulangi sholatnya .

Kitab Kifayatul Akhyar, Hal 126 - 127

Melihat Orang Shalat Kelebihan Rakaat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Aziz

2 komentar:

  1. ane sering gan tiba2 melamun dan lupa rokaat brp skrg wkwkwkwk

    ___________________________
    Android Indonesia

    BalasHapus
  2. kalau sewaktu berjamaah imam lupa rakat, kenapa di beri tanda tepuk tangan (wanita), atau oleh jemaah lelaki nya?

    BalasHapus