Menyajikan informasi tentang agama islam, rekaman MP3, dan video kajian islam.


      Untaian Mutiara      

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.”(HR. Muslim no. 2963) ● Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham” (HR. Ibnu Majah no. 2414) ● "Kebajikan yang paling ringan adalah,dengan menunjukkan raut wajah berseri-seri dan mengucapkan kata-kata yang lemah lembut." (Sayyidina Umar bin Khattab r.a)

Sabtu, 11 Juni 2016

CARA BERBUKA SESUAI SUNNAH Oleh: Habîb ‘Abdullâh bin ‘Alwî al-Haddâd

Menyegerakan buka puasa dan berbuka sebelum shalat Magrib adalah Sunnah Rasûlullâh yang diamalkan oleh para salaf maupun kholaf. Dengan hanya minum air saja, ia telah memper-oleh pahala sunnah itu, apalagi jika alasannya takut tertinggal takbîrotul ihrôm imam karena harus berkumur-kumur dahulu untuk membersihkan sisa-sisa makanan di mulut.

Adapun berbuka dengan kurma dan sejenisnya adalah bentuk sunnah yang lain lagi. Jadi, tidaklah mengapa kamu tertinggal takbîrotul ihrôm imam, jika disebabkan ‘udzur di atas.

Sedangkan yang biasa aku (Habib Abdullah Al-Haddad) amalkan adalah berbuka dengan kurma, minum air kemudian shalat Maghrib. Jadi, aku tidak meninggalkan satu sunnah pun.



(Disadur dari kitab Nafâisul ‘Ulûwiyyah fil Masâilis Shûfiyyah, Habîb ‘Abdullâh bin ‘Alwî al-Haddâd, Hal.206-207)

CARA BERBUKA SESUAI SUNNAH Oleh: Habîb ‘Abdullâh bin ‘Alwî al-Haddâd Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Aziz

0 komentar:

Posting Komentar