Menyajikan informasi tentang agama islam, rekaman MP3, dan video kajian islam.


      Untaian Mutiara      

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.”(HR. Muslim no. 2963) ● Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham” (HR. Ibnu Majah no. 2414) ● "Kebajikan yang paling ringan adalah,dengan menunjukkan raut wajah berseri-seri dan mengucapkan kata-kata yang lemah lembut." (Sayyidina Umar bin Khattab r.a)

Sabtu, 21 Maret 2015

Pembagian Waktu Rasulullah SAW Dalam Sehari Semalam

Seseorang yang ingin menggapai kebahagiaan sejati, maka ia harus mempelajari dari manusia yang telah menjelajah alam semesta, yang benar - benar mengetahui jalan kebahagiaan, yaitu Baginda Muhammad shallahu alaihi wa sallam, meneladani beliau secara maksimal dalam setiap aktivitas kehidupannya.



Secara garis besar, aktivitas Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dapat dikelompokkan ke dalam empat waktu, yaitu :


  1. Pagi Hari
  2. Siang Hari
  3. Sore Hari
  4. Malam Hari
Pagi hari dimulai sejak tiba waktu shubuh, siang hari dimulai setelah tibanya waktu Dzuhur, sore hari dimulai setelah masuk waktu Ashar dan malam hari dimulai sejak tibanya waktu Magrib (terbenamnya matahari).



Alangkah indahnya jika kita bisa menyamakan aktivitas kita pada waktu - waktu tersebut dengan aktivitas Rasululllah SAW, sehingga hidup kita sejalan dengan kehidupan Baginda Muhammad SAW.

Sesungguhnya selama ada kemauan dan tekad yang kuat, setiam muslim dapat menyesuaikan aktivitasnya hidupnya dengan aktivitas Rasulullah SAW, sebab beliau Rasulullah SAW diutus ke muka bumi sebagai contoh bagi kita semua. Artinya, siapapun dapat mencontoh Nabi Muhammad SAW. Allah Ta'ala mewahyukan :

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ
 يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًا 

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
(QS. Al - Ahzab {33}:21)

Itulah salah satu kehebatan Baginda Muhammad SAW. Dengan kesabaran sebagai seseorang yang mencapai derajat tertinggi di sisi Allah SWT, beliau mampu menjadikan kesehariannya sebagai suri teladan yang mudah dicontoh oleh siapapun yang menginginkan kedekatan dengan Allah.

Walaupun kualitas amal kita tidak mungkin mendekati apalagi dapat disamakan dengan Rasulullah SAW, akan tetapi kita dapat dengan mudah meneladani keseharian beliau Rasulullah SAW. Hal ini dikarenakan Rasulullah SAW mampu membumikan kehidupan beliau, sehingga siapapun dapat meneladaninya.

Disadur dari buku beliau Al Ustadz Al Habib Naufal (Novel) bin Muhammad Al - Aidrus (SOLO) - Sehari Bersama Rasul | Halaman 11

Pembagian Waktu Rasulullah SAW Dalam Sehari Semalam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Aziz

0 komentar:

Posting Komentar