Menyajikan informasi tentang agama islam, rekaman MP3, dan video kajian islam.


      Untaian Mutiara      

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.”(HR. Muslim no. 2963) ● Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham” (HR. Ibnu Majah no. 2414) ● "Kebajikan yang paling ringan adalah,dengan menunjukkan raut wajah berseri-seri dan mengucapkan kata-kata yang lemah lembut." (Sayyidina Umar bin Khattab r.a)

Sabtu, 25 Juli 2015

Khasiat Bunga Bungur - Rahasia Sunnah

Tanaman Bungur Kecil

Bungur kecil adalah tanaman yang tergolong dalam jenis perdu dengan tinggi 2 - 7 meter yang berasal dari benua asia lebih tepatnya dari negara china dan korea. Tanaman ini berciri khar warna pohonya coklat semua dan mengkilap halus dengan bentuk cabangnya yang melengkung. Daunnya berwarna hijau tua berbentuk elips dengan panjang 2 - 7 meter lebar 1 - 4 meter serta bertangkai tidak panjang, sedangkan ujungnya tumpul serta bertepi rata. Bunga tanaman ini berwarna - warni dari mulai warna putih, merah, juga ungu. Bungur kecil bisa tumbuh liar di tebing - tebing yang tinggi dan di tepi - tepi hutan. Akan tetapi pada umumnya masyarakat biasa memanfaatkan tanaman ini sebagai peneduh jalan. Bungur kecil mempunyai sifat kimiawi dengan rasa agak pahit, astringent, dan netral. Bunga, daun, dan kulit kayunya besifat purgatif. Daun perdu ini mengandung decinice. decamine, lagerstroemine. lagerine, dihydroverticillatine, dan decodine. Akarnya mengandung sitosterol, dan 3,3,4 - tri-o-methyellagic acid.



Bunga, akar, dan daun, dan kulit kayu bungur kecil dapat digunakan untuk pengobatan setelah dicuci bersih lalu dijemur untuk penyimpanan. Sedang daun dan buah bungur mengandung plantisul, yaitu zat yang aktivitasnya seperti insulin. Menurut hasil penelitian, daun bungur yang sudah tua sebanyak 20g. Jika direbus dalam 100 ml air selama 45 menit dan diminum, memiliki kekuatan 6-6.7 unit insulin.

Cara membuat ramuannya
  1. Siapkan 30 g daun bungur tua yang masih segar dari jenis bungur yang berbunga ungu, lalu direbus dalam 150 ml air selama kurang lebih 1 jam.
  2. Air rebusannya itu kemudian dibagi tiga untuk diminum tiga kali sehari masing - masing 50 ml.
  3. Meminumnya sebaiknya setengah atau satu jam sebelum makan. Ini dilakukan tiap hari sampai penyakit kencing, manisnya sembuh.
Pengobatan menggunakan bungur kecil untuk pemakaiaan dalam dapat dilakukan dengan cara merebus 15 - 30 gr perdu kemudian menggunakan air rebusannya untuk diminum. Sedangkan untuk pemakaian luar dapat dilakukan dengan cara merebur perdu dan menggunakannya airnya untuk mencuci bagian yang sakit atau menggiling bahan kering menjadi bubuk kemudian membutuhkan bubuk ke tempat yang sakit.
  1. Cara pengobatannya menggunakan bungur kecil untuk masing - masing penyakit dapat dijelaskan lebih rinci, sebagai berikut :
  2. Batuk darah, muntah darah, berak darah : merebus 30 gr akar perdu dengan 200 cc air sampai tersisa 80 cc air kemudian menggunakan air rebusan sebanyak 2x sehari setiap kali 40 cc.
  3. Eczema : mencuci bersih akar atau daun secukupnya lalu mereburnya dengan air. Air rebusan digunakan untuk mencuci bagian yang sakit.
  4. Bisul, koreng : mengeringkan akar atau bunga kemudian menggilingnya menjadi bubuk. Setelah itu, menambahkan arak putih secukupnya sampai berbentuk bubur kental lalu mengoleskan ke bagian yang sakit. Untuk pemakaian dalam dapat dilakukan dengan merebus 30 gr akar lalu menggunakan air rebusan untuk diminum.
  5. Disentri : merebus daun atau akar perdu kemudian setelah dingin disaring dan diminum airnya.
  6. Disentri akut, hepatitis menular : merebus akar dan daun masing - masing 15 gr kemudian setelah dingin disaring dan diminumnya airnya.
Cara pertama : 20 gram daun bungur kecil direbus dalam 3 gelas air bersih hingga menyusut sampai setengahnya kemudian disaring dan dinginkan baru bisa diminum 3 kali sehari dengan takaran 1/2 setiap minum.



Cara kedua : 30 gram daun bungur kecil ditambah 15 gram patikan kebo direbus dengan 400 cc air sampai tinggal setengahnya lalau saring dan minum airnya.

Sebagai Obat Sakit Kuning dan Hepatitis
15 gram daun bungur kecil beserta 15 gram akarnya direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja lalu dinginkan baru disaring dan airnya tersebut diminum untuk 2 kali minum pagi dan sore masing - masing setengah gelas (bisa ditambahkan madu jika suka).

Untuk Obat Eksim
Rebus daun bungur kecil secukupnya kerang lebih 15 menir sampai mendidih lalu diamkan sampai panas turun menjadi hangat - hangat kuku dan gunakan airnya untuk mencuci bagian tubuh yang terkena eksim.

Untuk Obat Radang Payudara
Ambilah daun dari tanaman Bungur Kecil secukupnya saja lalu tumbuk sampe halus kemudian tempelkan pada tempat yang dirasa sakit.

Obat Sakit Busung Air (Ascites)
Saat ini adalah sakit yang disebabkan oleh gangguan pada hati dan ginjal sehingga menyebabkan cairan mengumpul pada rongga perut dengan gejala dinding perut menonjol serta keras dan kelihatan mengkilat. Untuk mengobatinya rebus 30 gram pegagan, dan 60 gram akar tapakliman ke dalam 800 cc air sampai tersisa sekitar 400 cc lalu saring dan minumlah airnya 2 kali minum dengan takaran 200 cc setiap minum.

Peringatan !!!
Untuk para wanita yang sedang dalam keadaan mengandung atau sedang hamil dilarang mengkonsumsi air rebusan dari tanaman obat bungur kecil ini dikarenakan dapat menggangu perkembangan janin pada rahim.

Khasiat Bunga Bungur - Rahasia Sunnah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Aziz

0 komentar:

Posting Komentar