Menyajikan informasi tentang agama islam, rekaman MP3, dan video kajian islam.


      Untaian Mutiara      

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.”(HR. Muslim no. 2963) ● Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham” (HR. Ibnu Majah no. 2414) ● "Kebajikan yang paling ringan adalah,dengan menunjukkan raut wajah berseri-seri dan mengucapkan kata-kata yang lemah lembut." (Sayyidina Umar bin Khattab r.a)

Sabtu, 18 Juli 2015

Stabilitas Emosi Pengaruhi Kesehatan - Rahasia Sunnah

Kesehatan emosional kita adalah salah satu kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat. Emosi seseorang bisa ditunjukkan ketika ia sedang merasa senang tentang suatu hal, marah kepada orang lain, maupun takut akan sesuatu. Bila kita sedang merasa bahagia atau senang, maka akan berdampak positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebaliknya, jika kita sedang diselimuti amarah yang tinggi, maka akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh anda.

Risiko kesehatan yang terkait dengan kemarahan dinilai cukup serius. Pasien yang mengalami penyakit jantung akan menghadapi risiko kesehatan yang sangat serius dan fatal apabila mereka sendang marah. Oleh sebab itu Rasulullah SAW memerintahakan kita untuk belajar bagaimana memanejemen atau mengontrol diri ketika rasa marah datang.



Hal ini dikarenakan efek negatif bagi kesehatan tubuh yang ditimbulkan akibat kemarahan tidaklah sedikit.

Berbagai gangguan dan penyakit yang datang ke tubuh akibat kemarahan antara lainya adalah :

1. Stres
Salah satu efek negatif yang ditimbulkan akibat kemarahan adalah stres. Setelah kemarahan reda, biasanya seseorang akan mengalami stres, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit serius seperti diabetes, tekanan darah tinggi, depresi, dan lain sebagainya.

2. Penyakit Jantung
Gangguan jantung seperti jantung berdebar sangat kencang melebihi batas normal dipicu akibat kemarahan. Jika kita termasuk orang yang cepat marah, detak jantung kita mungkin terus meningkat, membuat kita rentan terhadap serangan jantung.

3. Gangguan Tidur
Ketika kita marah, berbagai hormon berkecamuk di dalam tubuh kita. Hal ini memungkinkan kita untuk mengalami gangguan tidur. Jika tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup, tubuh kita rentan terkena berbagai penyakit. Selain itu, kurang tidur akan membuat pikiran kita kacau.

4. Tekanan Darah Tinggi
Tekaanan darah tinggi bisa disebabkan oleh kemarahan. Ketika kita marah, tekanan darah dalam tubuh kita semakin meningkat untuk sementara waktu. Namun demikian, hal tersebut tetap tidak menjauhkan kita dari resiko penyakit jantung yang disebabkan tekanan darah tinggi.

5. Masalah Pernafasan
Orang yang rentan mengalami gangguan pernapasan seperti asma, akan semakin sulit untuk bernapas ketika mereka marah. Kemarahan secara mudah akan memicu serangan asma dan membuat kita terengah - engah.

6. Sakit Kepala
Kemarahan akan membuat pembuluh darah diotak berdenyut semakin liar. Hal ini memicu terjadinya sakit kepala yang akut.

7. Stroke
Stroke terjadi saat pembuluh darah yang ada di otak pecah, membuat pasokan darah ke suatu bagian otak menjadi terganggu. Hal ini bisa terjadi akibat kemarahan, di mana membuat tekanan darah dalam tubuh semakin tinggi. Stroke dapat melumpuhkan tubuh kita seketika.

8. Sering Sakit
Akibat mudah marah, sistem imun menurun. Pada akhirnya, karena imun menurun, berbagai macam penyakitpun mudah datang seperti demam, flu, atau batuk.

9. Gangguan Pencernaan
Saat marah, kadar asam lambung meningkat. Kadar asam lambung yang meningkat, membuat berbagai gangguan pencernaan timbul di antaranya yaitu maag, dan sembelit.

10. Cemas
Orang yang mudah marah biasanya juga mudah cemas, termasuk dalam hal - hal sepele, bahkan membersar - besarkan suatu masalah. Akhirnya, kecemasan itu pun menganggu aktivitas sehari - hari.

Stabilitas Emosi Pengaruhi Kesehatan - Rahasia Sunnah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Aziz

0 komentar:

Posting Komentar